Selasa, 20 November 2012

BAB I ( Metode Riset)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Akibat terjadinya krisis ekonomi yang berkepanjangan telah memberikan dampak yang begitu berat oleh berbagai pihak, termasuk para  usahawan yang telah lama mendirikan usahanya. Karena imbas dari krisis  ekonomi ini tidak hanya memperburuk seluruh perekonomian di Indonesia,  tetapi juga perekonomian seluruh masyarakat di Indonesia. Banyak bidang  usaha yang didirikan menjadi terhenti, bangkrut hingga  akhirnya gulung  tikar. Hal tersebut terjadi karena  dana yang tersedia tidak cukup untuk  membiayai biaya operasional perusahaan yang mengalami kenaikan yang  cukup tajam, akibat naiknya nilai  mata uang dollar terhadap rupiah,  sehingga biaya operasional yang digunakan menjadi tidak seimbang  dengan pandapatan yang diperoleh dari hasil produksi perusahaan.  Agar tetap dapat merebut pasar dan memenangkan persaingan,  perusahaan harus dapat membaca  peluang pasar yang ada serta apa saja  kebutuhan dan keinginan dari para konsumen. Karena kondisi persaingan  antar perusahaan yang semakin kompetitif mengharuskan setiap  perusahaan mengkaji ulang yang digunakannya agar tidak kehilangan  pelanggannya dan demi mencapai keunggulan daya saing yang  berkelanjutan. Kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan 2 kepada pelanggan sangat penting dalam menentukan tingkat keberhasilan dan kualitas layanan.  Kualitas memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan.  Kualitas memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan.  Dalam jangka panjang ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan mereka. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dimana perusahaan memaksimumkan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan.  
Kepuasan pelanggan dapat menciptakan kesetiaan pelanggan terhadap  perusahaan yang memberikan kualitas yang memuaskan (Nasution, 2004 : 45).  Perkembangan usaha tempat perbelanjaan pada saat ini sangat  maju pesat   sehingga persaingan usaha tempat perbelanjaan sangat ketat dan masing-masing tempat perbelanjaan berusaha menawarkan keunggulan – keunggulan yang mereka miliki pada pelanggan, disini  masing-masing pengusaha sudah harus mampu membaca segmen  masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. pelanggan yang dihadapkan pada berbagai alternative pilihan tempat perbelanjaan,  sehingga mengakibatkan para pengelolah tempat perbelanjaan dituntut  untuk lebih mengikuti perkembangan  pasar sebagai dasar penetapan  keputusan pelanggan.
1.2. Rumusan Masalah
Bardasarkan latar belakang yang diuraikan diatas, maka permasalahan yang diangkat dalam   penelitian ini adalah :
”Apakah yang dapat mempengaruhi Kepuasan Pelangan pada ritel-ritel Minimarket?”
1.3. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan latar belakang permasalahan rumusan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah :
” Untuk mengetahui apa saja yg mepengaruhi kepuasan pelanggan di Minimarket”.
1.4. Hipotesis
            Bahwa hal yg mepengaruhi kepuasan konsumen pada suatu mini market adalah Lokasi, Kelengkapan product, Fasilitas, Pelayanan, dan strategi pemasarannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar