Kamis, 11 Juni 2009

BAB 10. Membuat Formula, Grafik, dan Gambar serta Menggabung Karya pada Lembar Kerja

  • Ms. Excel sebagai program pengolahan angka menyediakan fasilitas perhitungan dengan menggunakan rumus.
  • Formula atau rumus yang di masukan dapat berupa fungsi (Function), operator (operators), atau nilai konstan (constant).
  • Operator matematika pada Ms. Excel merupakan operator matematika yang biasa di gunakan dalam kehidupan sehari".
  • Ms. Excel dapat di gunakan untuk menghitung nilai dengan angka tetap dan untuk menghitung nilai" yang terdapat dalam beberapa sel.
  • Untuk membuat rumus, kita juga perluh memperhatikan urutan prioritas perhitungan, yaitu operasi apa yang akan di kerjakan terlebih dahulu.
  • Penggunaan referensi sel dalam Ms. Excel dapat di bagi menjadi 3 macam, yaitu Referensi absolut, referensi relatif, referensi semi absolut.
  • Referensi absolut pada suatu formula selalu menunjuk ke sel yang terletak pada lokasi yang tetap.
  • Referensi relatif pada suatu formula berbeda dengan referensi absolut. Apabila referensi sel disalin maka referensi sel relatif akan berubah sesuai dengan posisi relatif sel yang berisi formula.
  • Fungsi merupakan fasilitas yang di sediakan Ms. Excel untuk membantu melakukan perhitungan yang cukup rumit.
  • Cara untuk menggunakan fungsi, yaitu secara manual dan melalui Toolbar Insert Function .
  • Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyalin formula, diantaranya dengan menggunakan fasilitas drag and drop.
  • Grafik merupakan sebuah tampilan visual yang berfunsi mempermudah penggunaan untuk melihat perbandingan serta pola pada data tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar